Tas Selempang dan Tas Sling, Sama atau Beda?

Bagi beberapa orang berpergian tanpa ada tas di pundak rasanya kurang percaya diri karena tas memang sudah menjadi barang yang dibutuhkan baik itu untuk sekedar jalan-jalan santai dan ketika travelling ke tempat jauh. Berbagai macam tas pun bisa kalian pilih seusai selera dan kebutuhan, salah satunya tas selempang dan tas sling (sling bag).

tas selempang
Tas Selempang dan Tas Sling

“Lho, kok dibedakan, bukannya jenis dua tas itu sama ya?” Pasti dari kalian ada yang bertanya-tanya demikian. Yap, tas selempang dan tas sling adalah dua jenis tas yang berbeda. Hanya saja karena bentuk dan cara pakai yang hampir sama, kedua tas ini sering disamakan, tas selempang atau sling bag, begitu biasanya disebut.

Sebenarnya tas selempang nama lainnya adalah messenger bags karena dahulunya tas ini dipakai oleh tukang pos untuk membawa surat-surat yang akan diantar ke pelanggan. Saat itu, messenger bag ini pertama kali muncul tahun 1950-an di New York, dan desainnya khusus diperuntukkan untuk membawa berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk beraktivitas atau pun bekerja.

Dahulunya, tas ini dibuat dari bahan kanvas yang tebal karena memiliki ketahanan yang kuat ketika membawa barang-barang yang berat dan banyak. Namun, seiring perkembangan desain, tas selempang dibuat dari berbagai bahan seperti bahan denim, bahan kulit sintetis, bahan dolby, bahan ripstop, dan beberapa bahan yang dikombinasikan untuk tujuan estetika agar menarik konsumen.

Tas selempang memiliki bentuk yang umumnya persegi panjang dan memiliki ukuran yang lebih besar dari sling bag. Desain ukuran besar dari tas ini bertujuan agar muat ketika membawa barang-barang yang banyak dan besar. Selain itu, messenger bag ini juga sering digunakan untuk membawa peralatan sekolah, peralatan kantor, laptop, dan lain sebagainya.

Sedangkan sling bag memiliki ukuran yang lebih kecil dan bentuk umumnya adalah persegi. Selain itu, sling bag lebih menonjolkan ukuran tingginya daripada lebarnya karena tujuan pembuatan tas ini adalah untuk meletakkan gadget, dompet, atau benda kecil lainnya. Tas sling lebih cocok digunakan untuk jalan-jalan santai, dan tidak untuk membawa barang-barang berat.

Namun, seiring perkembangan model tas, sling bag juga hadir dengan berbagai bentuk seperti oval, bundar, dan bahkan ada yang persegi panjang layaknya tas selempang. Pada intinya, bentuk apapun dari tas sling memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan jenis selempang. Jenis tas sling biasanya lebih bertujuan mempermanis penampilan agar makin chic. Dari segi bahan, kedua tas ini tidak jauh berbeda. Sling bag juga ada yang terbuat dari bahan kanvas, bahan denim, dan bahan kulit sintetis seperti tas selempang. Bahkan tas sling juga ada yang terbuat dari rajutan dari satu warna benang atau kombinasi. Desain tas sling juga cenderung lebih imut dan cantik.