Penyebab Sakit Gusi dan Cara Mengatasinya

Penyakit gusi atau dikenal dengan istilah ginggivitis dalam dunia medis, ini merupakan sebuah infeksi jaringan mulut. Yang paling umum, masalah pada gusi disebabkan karena penyakit periodontal yang timbul akibat infeksi bakteri dan akibat gigi berlubang. Infeksi bakteri menyebabkan peradangan dan menyebabkan kerusakan gusi serta jaringan pendukung yang mengelilingi gigi.

penyebab sakit gusi

Bakteri bisa berbentuk plak yang ada di sekitar gigi dan menempel di gigi dan gusi. Apabila tidak segera dibersihkan atau dihapus plak tersebut akan mengeras. Plak yang mengeras disebut “tartar.” Baik plak atau tartar kedua-duanya dapat menyebabkan gusi teriritasi dan rusak.

Beberapa gejala yang mungkin akan ditemukan pada gingivitis diantaranya adalah:

  • Gusi merah
  • Gusi bengkak, dan
  • Gusi yang mudah berdarah

Lalu apa saja yang menyebabkan sakit gusi?

Diantara penyebab sakit gusi adalah:

  • Tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut
  • Kebiasaan merokok
  • Karena memiliki penyakit tertentu yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh seperti kanker, diabetes atau HIV
  • Bisa juga disebabkan karena stress atau faktor emosional
  • Bisa disebabkan karena gizi atau nutrisi yang buruk

Dan, bisa disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi gula yang menyebabkan kandidiasis.

Kabar baiknya, berbagai masalah kesehatan pada mulut seperti gusi bengkak misalnya, bisa diatasi atau dicegah dengan memperhatikan pilihan makanan yang dikonsumsi sehari-hari serta pemilihan gaya hidup yang baik.

Pilihan makanan yang dapat membantu mengatasi sakit gusi

Jika kamu ingin sakit gusimu cepat sembuh, mulailah dengan memilih makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral, dan lemak sehat untuk dikonsumsi. Diantara makanan-makanan tersebut adalah: ikan salmon, ikan sarden, atau berbagai jenis ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3. Asam lemak omega-3 juga bisa didapatkan dari minyak ikan. Selain itu, sayuran segar yang dijadikan sebagai jus bisa menjadi sumber nutrisi yang dapat membantu mengobati sakit gusi.

Permen karet yang mengandung xylitol bisa membantu mengatasi penumpukan bakteri pada gigi dan mulut. Selain itu, sayuran mentah dan buah apel bisa membantu membersihkan gigi secara alami. Kemudian,

Konsumsi juga yang makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin dan lemak larut seperti susu mentah, kelapa, hati sapi, kaldu tulang dan daging hewan yang sehari-harinya memakan rumput. Semua itu bisa dimanfaatkan untuk melawan atau mengobati ginggivitis.

Makanan yang berpotensi menyebabkan penyakit gusi

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa makanan yang dapat membantu menghindari dan mengobati penyakit gusi, berikut adalah beberapa daftar makanan yang sebaiknya dihindari karena berpotensi menyebabkan sakit gusi. Diantaranya adalah:

  • Gula
  • Makanan olahan yang banyak mengandung zat aditif atau gula
  • Jus buah yang juga mendapatkan tambahan gula
  • Minyak yang terhidrogenasi, diantaranya adalah minyak canola, minyak sayur, minyak jagung dan minyak kedelai. Karena semuanya dapat menyebabkan peradangan pada gusi dan tubuh.

Cara merawat gusi yang sakit secara alami

Ada beberapa obat gusi bengkak atau obat gusi sakit yang bisa kamu coba jika kamu kebetulan mengalami sakit gusi. Diantaranya adalah:

1. Sikat gigi secara teratur setidaknya dua kali sehari

Menyikat gigi akan membantu menghilangkan atau menghapus sisa-sisa makanan yang ada di gigi atau di sela-sela gigi yang berpotensi menyebabkan tumbuhnya bakteri.

2. Minyak cengkeh

Menggosokkan minyak cengkeh atau minyak pohon teh pada gusi yang bengkak setelah menyikat gigi akan membantu mencegah peradangan karena memiliki sifat antibakteri. Minyak esensial berupa minyak cengkeh atau minyak pohon teh bisa diterapkan sebanyak 2 tetes dan diulangi dua kali sehari. Atau, kamu juga bisa memanfaatkan minyak kelapa murni.

3. Konsumsi vitamin C 1000 mg dua kali sehari

Vitamin C 1000 mg yang dijual di pasaran dalam bentuk kemasan yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi gusi yang sakit. Vitamin C bisa membantu memperkuat gusi dan membantu mempercepat proses penyembuhan serta membantu pembentukan jaringan yang sehat.

4. Teh hijau

Minum teh hijau sebanyak 1 hingga 3 cangkir sehari akan sangat baik karena ada kandungan polifenol di dalamnya yang akan membantu melawan penyakit gusi atau ginggivitis. Namun ingat, saat menyajikan teh hijau sebaiknya tidak dengan menggunakan tambahan gula.

5. Mencampurkan minyak kelapa dengan minyak esensial

Minyak kelapa murni bisa juga dicampurkan dengan beberapa jenis minyak esensial, misalnya minyak cengkeh untuk mengatasi dan mengobati gusi bengkak. Caranya, Ambil 1 sendok makan minyak kelapa kemudian campurkan dengan 2 tetes minyak cengkeh lalu gunakan untuk berkumur-kumur sekitar 5 menit atau lebih.

Itulah beberapa ulasan mengenai penyebab penyebab gusi bengkak dan cara mengatasinya serta beberapa obat alami untuk mengatasi sakit gusi yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Namun ingat, setiap penyakit harus disikapi dengan serius mengingat akan sangat berbahaya apabila dibiarkan berlarut-larut. Pastikan kamu mengetahui apa yang menyebabkan kamu mengalami sakit atau pembengkakan pada gusi, salah satu caranya adalah dengan mengunjungi dokter untuk memeriksakan kondisi.